Tuesday, March 07, 2006

kencangkan ikat pinggang

Katanya, sekarang jaman susyeh. Banyak pabrik2x tutup, investor emoh masuk ke Indonesia. Buat bertahan, yahm EFFESIENSI. Berikut highlight program effesiensi di tempat gue bekerja:

  1. Kendaraan dinas buat board of executive ditarik, hanya diganti uang bensin.
    Kendaraan yang diperuntukkan untuk Area Manager tidak diijinkan lagi
    (Ngga ngaruh ama gue, orang gue ke kantor naik kereta ato naik bus. Tapi gue bukan area maneger juga kan,ha34x)
  2. Perjalanan dinas ke luar negeri persetujan CEO. Daily Allowance (DA) dikurangi Rp50.000/hari. Apabila ada Training ke LN tanpa DA.
    (yah,gue juga ngga pernah perjalanan dinas ke LN, tapi sempat menikmati DA Rp 100.000/hari waktu ke makassar dulu siy.)
  3. Lembur harap ditekan, jikalau ada harus persetujuan next higher authority. No overtime on Friday!. AC paling lama sampai jam 18.00 waktu setempat
    (Alhamdulilah, emang gue paling males pulang malam,sebulan paling sekali doank pulang abis magrib)
  4. Tidak ada pertambahan jumlah karyawan
    (berarti ngga bisa lagi nitip lamaran ama gue)
    Tidak ada seremonial untuk karyawan terbaik. Hanya dilakukan secara sederhana di group masing2x.
    pause mode: tiap tahun di kantor gue selalu ada acara Outstanding Perfomance Award, dimulai dari direktorat lalu nasional. Acaranya emang selalu besar2xan. Area Manager yang berprestasi suka dapat President Award yang hadiahnya lumayan banget
    (Note : ngga ngaruh juga sama gue, tiap tahun cuti melahirkan gini, mana bisa jadi karyawan berprestasi,ha3x)
  5. Personal Appraisal menilai aspek Cost Conciouness.
    Lah, gue emang pernah makai fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi gitu??? (hehehe3x, emang kalo nge-net dimana,ky?? Di kantor kan??? ^_^)

    6-10. Training hanya di Training Centre tempat gue kerja,min 12 perserta training baru boleh jalan. Training ke Luar Negeri sangat selektif. 1 karyawan Cuma boleh 1x.
    (hayyah…gue ngga pernah training ke LN pun,tahun 2005 kemaren malah ngga training juga!!!!)

    11-15. Ngga ada program buat PPE (manajemen trainee), penginapan hotel kamar standard, no gathering malam2x lagi, pemanfaatan penuh Financial Club untuk ada acara2x!
    (gue dah lulus PPE, kalo nginap emang di Mess tempat gue kerja kalo ke hotel nginap di hotel bintang 3, emang ngga suka gathering malam2x juga pun,mending cepet2x pulang main sama Kezia dan Kevin)

    Kesimpulan: Ngga ngaruh ama gue! Kali gue karyawan paling effesien juga siy…wakakakakak…

Anyway, biar kenaikan gaji tahun ini basa-basi banget, yang penting ngga ada pengurangan pegawai seperti kebijakan beberapa perusahaan akhir2x ini. Hope So!

No comments: